Penggunaan Batu Hebel Menjadi Pilihan Efisien Untuk Proses Pengerjaan Bangunan

Media Buser Polkrim

Media Buser Polkrim
Membangun Bangsa Melalui Informasi

Berita Terkini

Panen Raya Sayur Mayur, Bukti Nyata Babinsa Joglo Tingkatkan Ketahanan Pangan di Wilayah Binaan

Surakarta - Babinsa Kelurahan Joglo Koramil 02 Banjarsari, Kodim 0735/Surakarta Sertu Ruben S dan Sertu Ariyanto, melaksanakan panen sayur -...

Postingan Populer

Sabtu, 19 November 2022

Penggunaan Batu Hebel Menjadi Pilihan Efisien Untuk Proses Pengerjaan Bangunan


buserpolkrim.com - Saat ini dalam membangun sebuah rumah semakin banyak pilihan material, seperti dalam penggunaan material dari batu bata, batako, maupun batu hebel. Seiring perjalanan waktu penggunaan batu hebel kini menjadi populer. Yang menjadi pertanyaan apa itu batu hebel???

Batu hebel seperti yang biasa kita dengar adalah bata ringan, jenis pada batu bata ini memiliki berat lebih ringan dibandingkan dengan bata pada umumnya, bahkan bobotnya pun lebih ringan dari pada batako. Batu hebel dikenal ada 2 jenisnya: Cellular Lightweight Concrete dan Autoclaved Aerated Concrete.

Material tersebut memiliki komposisi dari hasil campuran pasir, kimia busa, kapur, pasta, semen, gypsum,  alumunium, dan air, sehingga batu hebel memiliki banyak rongga udara di dalamnya, inilah yang menyebabkan hebel lebih ringan, lebih efisien saat proses pengerjaan bangunan dibandingkan dengan material lainnya, akan tetapi batu ini tetap kuat dan tahan dalam segala kondisi.

Batu hebel lebih mudah didapatkan dan memiliki banyak keunggulan, proses pengerjaannya pun lebih cepat karena menggunakan mesin cetak modern. Tak heran jenis material ini mulai dilirik banyak ahli bangunan.

Beberapa poin mengenai keunggulan dari bahan yang satu ini diantaranya :

1. Batu hebel lebih rapi dan simetris karena berasal dari cetakkan mesin, sehingga batu hebel tidak mungkin memiliki ukuran yang berbeda-beda, dengan demikian dapat membantu tukang bangunan menjadi lebih mudah dalam pengerjaannya.

2. Sebagian banyak orang yang mengatakan batu hebel memiliki ketahanan yang sangat tinggi bahkan kekuatan batu hebel ini sekuat beton, walaupun material tersebut memiliki banyak rongga udara di dalamnya, justru ini yang menyebabkan bobotnya menjadi ringan, selain itu hebel mampu menahan getaran atau goncangan, dan telah memenuhi standar anti gempa.


3. Batu behel tahan terhadap udara panas dari luar sehingga cocok membangun rumah di daerah tropis, selain itu batu hebel memiliki dasar bentuk yang solid mampu menghambat suara untuk masuk ke dalam atau dikenal dengan kedap suara.

4. Batu behel dalam proses pemotongannya cukup mudah dan tidak akan pecah berkeping-keping dibandingkan batu lain yang memerlukan kesabaran lebih tinggi. Pada permukaan hebel yang sudah rata tidak memerlukan pelabisan yang sangat tebal pada dinding.

Semoga dari penjelasan di atas sangat bermanfaat.