Jajaran Polsek Jatiwangi Polres Majalengka Pantau dan Imbau Warga Soal Bahaya Pembakaran Lahan Kosong di Sekitar Jalan Tol

Media Buser Polkrim

Media Buser Polkrim
Membangun Bangsa Melalui Informasi

Berita Terkini

Panen Raya Sayur Mayur, Bukti Nyata Babinsa Joglo Tingkatkan Ketahanan Pangan di Wilayah Binaan

Surakarta - Babinsa Kelurahan Joglo Koramil 02 Banjarsari, Kodim 0735/Surakarta Sertu Ruben S dan Sertu Ariyanto, melaksanakan panen sayur -...

Postingan Populer

Minggu, 07 April 2024

Jajaran Polsek Jatiwangi Polres Majalengka Pantau dan Imbau Warga Soal Bahaya Pembakaran Lahan Kosong di Sekitar Jalan Tol

Majalengka - Jajaran Polsek Jatiwangi Polres Majalengka, Polda Jabar, melakukan monitoring dan memberikan imbauan kepada warga terkait bahaya pembakaran lahan kosong di sekitar jalan tol, yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka pada Jumat (05/04/2023) sore.

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.Si., CPHR melalui Kapolsek Jatiwangi Kompol Endang Kusnandar, S.H., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan mengingat adanya potensi pembakaran lahan kosong di sekitar jalan tol, terutama saat jalan tol Cipali padat dilalui oleh masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran tahun 2024.

"Kami tidak henti-hentinya melakukan pengecekan, mengingat adanya potensi pembakaran ilalang atau jerami di lahan kosong. Hal ini menjadi perhatian utama karena saat jalan tol Cipali padat, asap dari pembakaran tersebut dapat mengganggu jarak pandang dan meningkatkan risiko kecelakaan," ujar Kapolsek.

Ia juga menambahkan, "Terutama pada siang hari ketika aktivitas di jalan tol cukup ramai, potensi terjadinya kecelakaan meningkat. Kita sadari bahwa kecelakaan tidak hanya disebabkan oleh faktor human error, tetapi juga faktor alam seperti asap yang dapat menutupi jalur lalu lintas."pungkasnya.

Jajaran Polsek Jatiwangi Polres Majalengka secara rutin melakukan patroli ke lahan milik petani maupun lahan di tepi jalan tol untuk mengantisipasi pembakaran ilalang atau jerami yang dapat menyebabkan kebakaran dan membatasi jarak pandang pengguna jalan tol, serta berpotensi terjadinya kecelakaan.

“Kami melaksanakan upaya preventif dan preemtif secara menyeluruh dengan melibatkan stakeholder terkait di wilayah Polsek Jatiwangi. Kami memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya pembakaran lahan kosong baik di sekitar pemukiman maupun di lahan di sekitar tepi jalan tol,” terang Kapolsek Jatiwangi.

Upaya ini diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya kebakaran dan kecelakaan lalu lintas di sekitar jalan tol, serta menciptakan situasi yang aman dan kondusif bagi para pengguna jalan.

#PolriHumanis, #PolriPresisi, #AyoJagaPersatuandanKesatuanBangsa, #CintaKebhinekaan, #spripimpoldajabar, #Spripim.polri, #Humaspoldajabar,