Kunjungi Dua Kecamatan, Dandim Wonogiri Sampaikan Program Ketahanan Pangan

Media Buser Polkrim

Media Buser Polkrim
Membangun Bangsa Melalui Informasi

Berita Terkini

Polresta Cirebon Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446H/ 2024M

Polresta Cirebon menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446H/ 2024 M di Masjid Syarif Hidayatullah Aspol Kaliwadas...

Postingan Populer

Selasa, 02 Juli 2024

Kunjungi Dua Kecamatan, Dandim Wonogiri Sampaikan Program Ketahanan Pangan

Wonogiri - Disela - sela kunjungan kerjanya, Komandan Kodim 0728/Wonogiri (Dandim) Letkol Inf Edi Ristriyono beserta perwira Staf ke Koramil jajaran, Dandim menyempatkan diri bersilaturahmi dengan Forkopimcam Wuryantoro dan Forkopimcam Eromoko. Selasa (2/07/2024). 

Pada kunjungan pertamanya Dandim bersama rombongan di sambut Camat Wuryantoro Bpk Soemardjino Fadjari. dan dilanjutkan kunjungan ke Kecamatan Eromoko dan disambut langsung oleh Camat Eromoko Bpk Danang Erawanto beserta jajaran Forkopincam, PPL, Kepala Desa dan Gapoktan. 

Dalam kunjungannya selain menjalin silaturahmi, Dandim juga menyampaikan sebagai abdi negara harus siap membantu dan mengatasi segala persoalan yang ada pada masyarakat. 

Dandim menyampaikan bahwa program ketahanan pangan merupakan program yang sangat penting untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk Gapoktan, untuk mendukung program tersebut.

"Gapoktan memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya. Oleh karena itu, saya mengajak untuk bersama-sama dalam mensukseskan program ketahanan pangan," kata Dandim Letkol Inf Edi Ristriyono. 

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh Gapoktan untuk mendukung program ketahanan pangan, antara lain, Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi, jagung atau tanaman pangan lainnya, Mengoptimalkan penggunaan lahan, Melakukan diversifikasi tanaman pangan, Meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk dan pestisida serta  Memperkuat kelembagaan Gapoktan.

Dandim juga menyampaikan program pompanisasi Kementan Republik Indonesia ini merupakan solusi cepat dalam mengatasi masalah pertanian utamanya mengairi sawah kering, sehingga tetap produktif ditengah musim kering berkepanjangan akibat fenomena iklim El Nino guna mewujudkan swasembada pangan.

Dikonfirmasi, Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri Letkol Inf Edi Ristriyono menjelaskan bahwa pendampingan Babinsa jajarannya kepada para petani diseluruh wilayah Kabupaten Wonogiri sebagai komitmen TNI Angkatan Darat khususnya Kodim 0728/Wonogiri dalam upaya mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional.

Program ini sangat penting agar menghadapi elnino nanti para petani tidak kesulitan dalam mencari sumber air untuk mengairi sawah guna mendapat hasil panen spserti yang diharapkan. 

Dandim juga berharap para Babinsanya mendapat dukungan oleh PPL dan petani dalam menjalankan tugasnya guna mencukupi ketahan pangan di wilayah binaan mereka.

Penulis : Arda 72