Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Pajang Berikan Motivasi Kepada Peternak Ikan

Media Buser Polkrim

Media Buser Polkrim
Membangun Bangsa Melalui Informasi

Berita Terkini

Polresta Cirebon Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446H/ 2024M

Polresta Cirebon menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446H/ 2024 M di Masjid Syarif Hidayatullah Aspol Kaliwadas...

Postingan Populer

Minggu, 28 Juli 2024

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Pajang Berikan Motivasi Kepada Peternak Ikan

Surakarta - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di wilayah binaan, 
Babinsa Kelurahan Pajang Koramil 01 Laweyan Kodim Surakarta Serma Puri memberikan motivasi dan semangat kerja kepada peternak ikan, Bertempat di Kolam Ikan RT 4/5 Kp.Tegal Keputren, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Minggu (28/07/2024).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi antara Babinsa dengan warga binaan. Dalam kesempatan tersebut Babinsa Pajang Serma Puri menyampaikan bahwa beternak ikan adalah ikut serta andil dalam ketahanan pangan di wilayah selain bertani. 

"Karena ikan adalah termasuk bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat. Ikan adalah sumber protein yang bisa dibeli dengan harga terjangkau selain telur, tahu dan tempe."ujarnya.

"Saat ini peternak ikan banyak yang mengalami kendala karena harga pakan pabrikan yang melambung tinggi sedangkan nilai jual ikan yang murah membuat peternak ikan merugi dan banyak yang berhenti. Berbagai upaya seperti pakan alternatif digunakan untuk pakan dengan tujuan menekan biaya pengeluaran dalam memelihara ikan dengan menggunakan limbah sayur, ampas tahu akan tetapi pertumbuhan ikan tidak bisa maksimal dan masa waktu panen menjadi lebih lama, terutama untuk ikan lele."imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya saat ini budidaya ikan yang menguntungkan adalah budidaya ikan Gurame karena tidak memerlukan alat aerator dan bisa menekan biaya pengeluaran, untuk pakan ikan gurame bisa menggunakan dedaunan atau limbah sayur mentah yang tidak laku terjual yang bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional. 

"Saat ini ikan air tawar yang memiliki nilai jual paling tinggi adalah ikan gurame, meskipun waktu panen cukup lama sekitar 9 bulan, dan harga bibit mahal akan tetapi dihitung mulai dari biaya pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan waktu menjual hasil panen masih menguntungkan."tukasnya.

Penulis : Arda 72